World of Mine
Say thanks and Always be grateful !!!!!! :D

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Ciri –ciri makhluk hidup salah satunya adalah memerlukan makan sebagai sumber energy, proses dari makanan menjadi energy disebut system pencernaan. Sistem pencernaan manusia dan hewan itu berbeda-beda. Yang akan kami jelaskan adalah system pencernaan pada manusia
Pertama-tama makanan masuk kedalam rongga mulut, di rongga mulut terjadi pencernaan secara kimiawi ( Pencernaan yang dibantu oleh enzim) dan pencernaan secara Mekanik (pencernaan yang dibantu oleh bagian-bagian dari organ pencernaan). Secara Mekanik pencernaaan di rongga mulut dibantu oleh gigi, gigi berfungsi sebagai pelumat makanan agar mudah di cerna di dalam lambung. Secara Kimiawi dibantu oleh enzim ptyalin. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung menjadi zat gula. Selanjutnya makanan di kirim ke kerogkonganDi kerongkongan makanan diremas dan didorong ke lambung. Gerakan meremas dan mendorong pada tenggorongkan disebut gerakan peristaltic. Kemudian makanan di kirim ke lambung..
Di lambung makanan dicerna secara kimiawi dan mekanik. Secara mekanik makanan di cerna oleh dinding lambung. Secara kimiawi makanan di cerna oleh enzim renin, enzim pepsin dan asam klorida. Enzim Renin berguna untuk mengendapkan susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino. Asam klorida berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang masuk bersama makanan. Kemudian Makanan di bawa ke usus halus.
Usus halus ini sebenarnya sangat panjang . Usus halus terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Usus 12 jari, Usus kosong usus penyerapan. Didalam usus 12 jari , Makanan di cerna secara kimiawi. Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pancreas. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getah empedu berguna untuk mencerna lemak. Beberapa enzim yang dihaislkan getah pancreas adalah Enzim Amilase, berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula, Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino, Enzim Lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak. Setelah melewati usus dua belas jari , makanan sampai di usus kosong. Selanjutnya makanan akan diurai proteinnya oleh enzim erepsin. Sementara itu, karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut akan diurai oleh enzim maltase, sucrose, lactase. Setelah hancur dan lumat, makanan menuju usus penyerapan. Bagian dalam dinding usus penyerap berupa jonjot-jonjot. Di dalam jonjot-jonjot itu terdapat ujung pembuluh darah. Melalui pembuluh darah inilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan masuk dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruh tubuh. Kemudian sisa-sisa makanan dibawa ke usus besar.
Uasus Besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar terdiri atas usus besar naik, usus besar melintang dan usus besar turun. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Selanjutnya sisa-sisa makanan di busukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar. Hasil pembusukkan berupa bahan padat, cair dan gas. Lalu sisa makanan itu dibawa ke anus.
Anus adalah bagian akhir dari saluran pencernaan berupa lubang keluar. Sisa pencernaan dari usus besar di keluarkan melalui anus. Bahan padat hasil pembusukkan dikeluarkan sebagai feses dan gas. Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan dan didaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berypa air seni

Belum Ada Tanggapan to “Sistem Pencernaan Pada Manusia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: